13+ Camilan dan Makanan Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya

Makanan dan Oleh-oleh khas kota tasikmalaya

Sebagai salah satu Kota berkembang di Jawa Barat, kota Tasikmalaya memiliki beragam camilan atau panganan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga atau kerabat dekat di daerah tempat teman-teman tinggal. 

Oleh-oleh atau istilah lainnya buah tangan merupakan sesuatu yang dibawa oleh seorang wisatawan ke rumahnya untuk kenagan yang terkait dengan benda itu. Oleh-oleh dapat berupa camilan, suvenir,atau makanan khas yang dibawa dari daerah yang di kunjungi. 

Bagi teman-teman yang kebetulan berkunjung ke kota Tasikmalaya, teman-teman bisa mencoba membeli dan menikmati camilan oleh-oleh yang tersedia di pusat oleh-oleh yang ada di sekitar kota Tasikmalaya. Berikut ini daftar lengkap mengenai camilan dan makanan oleh-oleh khas kota Tasikmalaya :

1. Colenak

Camilan Colenak

Colenak adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yaitu kota Bandung yang menyebar sampai ke kota Tasikmalaya. Penamaan ini karena berasal dari bahasa sunda yaitu dicocol enak, itulah sebabnya dinamakan colenak. Makanan ini memiliki citarasa yang khas yaitu dari rasa gosongnya, bagian itulah yang membuat orang ketagihan.

Colenak merupakan camilan manis atau desert yang cukup berat, dikarenakan terbuat dari tape singkong pilihan dan pisang yang dicampur kedalam satu wadah. Camilan ini biasanya dijual ketika sore hingga malam hari. Makanan ini sangat unik karena pada saat proses pembuatannya, pisang dan tape singkongnya dibakar terlebih dahulu kemudian dipotong dadu. Sebagai pelengkap kemudian disiram dengan gula merah cair dan diberikan taburan kacang sangrai yang sudah dicincang.

Camilan atau desert ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

 2. Kemplang

Kemplang khas tasikmalaya

Kemplang merupakan salah satu oleh-oleh khas Tasikmalaya berjenis kerupuk yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dipipihkan tipis. Camilan ini sangat cocok dinikmati bersama bakso atau soto. Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

3. Ranginang Oyek

Ranginang oyek

Ranginang Oyek merupakan kreasi olahan lain dari renginang. Jika pada umumnya renginang terbuat dari beras ketan yang mempunyai rasa gurih dan juga rasa manis, maka ranginang oyek tidak terbuat dari beras ketan. Ranginang oyek terbuat dari singkong yang sudah dibentuk seperti beras yang kemudian dicampur dengan kencur dan juga ketumbar supaya rasanya menjadi gurih dan sedikit hangat ketika dimakan. Perbedaan lainnya dengan rengginang pada umumnya adalah bentuknya yang bulat kecil dan tidak akan terlalu mengembang seperti renginang biasa ketika digoreng.

Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

4. Opak

Opak khas sunda

Opak adalah camilan kering renyah dan gurih sejenis dengan kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu garam, gula, dan bumbu penyedap. Adonan ini kemudian diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis. Lembaran ini lalu dikeringkan. Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah.

Penganan ini dapat dimakan sendiri atau mendampingi menu lainnya. Makanan tradisional opak ini sangat di gemari semua masyarakat. Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

5. Wajit

Wajit khas tasikmalaya

Wajit adalah suatu penganan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit adalah penganan yang dibuat dari gula kawung atau gula aren, kelapa, gula putih, beras ketan dan vanili. Semua bahan ini lalu disatukan dan diaduk di dalam wajan hingga masak dengan menggunakan api tungku. Wajit yang sudah masak lalu dibungkus dengan daun jagung kering lalu dijemur hingga kering. Karena dijemur itulah wajit memiliki tekstur agak kering di bagian luarnya dan lembut bagian dalamnya.

Wajit merupakan salah satu panganan atau camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya ketika berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan kota resik ini.

6. Opak Beca

Opak beca khas tasik

Opak beca atau dikenal juga dengan nama opak singkong merupakan salah satu makanan yang terkenal di daerah Jawa Barat, salah satunya di kota Tasikmalaya. Opak Singkong merupakan salah satu camilan tradisional yang berbahan dasar singkong yang sangat cocok untuk menemani kita pada saat waktu santai. Saat ini opak berbahan dasar singkong ini sangat jarang ditemui di pasaran. Jika teman-teman merasa sulit untuk menemukan penjual opak singkong kiloan, baik mentah maupun yang sudah diolah, teman-teman tidak perlu sulit untuk mencarinya. Karena Disini kami menjual opak singkong kiloan dengan harga murah baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Disini juga menyediakan dan menjual beragam camilan lain untuk oleh-oleh khas dari kota Tasikmalaya. Teman-teman bisa mengeceknya DISINI

7. Kue Aci

Kue aci khas tasikmalaya
Oleh-oleh khas kota Tasikmalaya, Jawa Barat diantaranya adalah kue kering sagu /kue aci yang berbahan dasar tepung tapioca, mentega, telur, gula dan tambahan keju. Cocok disajikan saat hari-hari besar ataupun sajian harian. Kue aci yang biasa dikenal dengan kue sagu ini, merupakan salah satu dari jajaran kue kering yang cukup diminati, terutama pada hari Raya. Kue aci ini sangat cocok untuk disajikan bersama dengan teh hangat. 

Kue aci merupakan salah satu panganan atau camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya ketika berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan kota resik ini.

8. Keripik Singkong Tipis

Keripik singkong tipis

Keripik singkong tipis merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen karena rasanya yang renyah dan harganya yang murah menjadikan produk ini sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai kita saat bersama rekan dan keluarga. Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan camilan jenis ini, kini keripik singkong mulai mengalami inovasi dengan penambahan berbagai varian rasa. Meskipun tren tersebut belum lama di kenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat. Sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan berbagai varian rasa pada produk keripik yang di mereka produksi.

Keripik Singkong merupakan salah satu camilan tradisional yang berbahan dasar singkong yang sangat cocok untuk menemani kita pada saat waktu santai. Disini kami menjual keripik singkong tipis dengan kerenyahan yang menggigit di lidah dengan harga yang terjangkau. Disini kami menjual opak singkong kiloan dengan harga murah baik yang masih mentah maupun yang sudah diolah. Disini juga menyediakan dan menjual beragam camilan lain untuk oleh-oleh khas dari kota Tasikmalaya. Teman-teman bisa mengeceknya DISINI

9. Kelontong

Kelontong khas tasikmalaya

Tak hanya populer dengan kerajinan tangan, Tasikmalaya kaya dengan olahan kuliner khas. Beberapa makanan tradisonal dengan bahan baku simpel tercipta jadi makanan khusus. Berbahan baku beras ketan umpamanya, dapat dobentuk jadi papais, ulen, opak, ranginang, sampai kolontong, tipe makanan yg satu ini telah tak asing di lidah penduduk Jawa Barat.

Pengolahan beras ketan yg apik ditambah gula merah asli bikin kolontong disukai siapa saja. Satu diantara daerah penghasil kolontong di Tasikmalaya populer kelezatannya, di Desa Cisayong, Kecamatan Cisayong. Kelontong merupakan salah satu panganan atau camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya ketika berkunjung ke kota yang terkenal dengan sebutan kota resik ini.

10. Keripik Sukun

Camilan keripik sukun khas tasikmalaya

Keripik sukun adalah makanan yang terbuat dari sukun yang diiris tipis kemudian digoreng sampai kering dan renyah. Rasanya asin dan biasanya diberi aroma bawang yang gurih. Makanan ringan ini banyak dijumpai di sentra-sentra penghasil sukun.

Meski bukan penganan jenis baru, keripik sukun memiliki banyak penggemar. Rasanya yang gurih dan renyah tak membosankan lidah. Camilan kecil bernama keripik memang sudah sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Maklum, camilan ini sangat cocok dinikmati di sela-sela waktu santai berteman kopi atau teh hangat.

Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya. 

11. Rengginang

Camilan rengginang khas tasikmalaya

Rengginang atau dalam bahasa Sunda disebut "Ranginang" merupakan makanan ringan tradisional khas Indonesia yang sudah ada sejak lama. Tidak ada yang mengetahui pasti sejarah dari asal mulanya kerupuk ini. Di Jawa Barat dikenal penganan yang sama yang disebut "Ranginang", yang bahan bakunya sama, dan ada perbedaan dari bumbu nya saja. Sedangkan di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip goreng, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip goreng dan rengginang hanyalah pada ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dasar dandang atau periuk penanak nasi.

Rengginang telah menjadi camilan yang melegenda karena rengginang sudah dikenal dan populer dari dulu, selain rasanya yang enak, mungkin gurih dan renyahnya rengginang inilah yang membuat salah satu jenis kerupuk ini mempunyai banyak penggemar. Disini kami menyediakan dan menjual rengginang dan beragam camilan lain untuk oleh-oleh khas dari kota Tasikmalaya.Teman-teman bisa mengeceknya DISINI

12. Sale Pisang

Sale Pisang khas tasikmalaya

Sale Pisang adalah makan khas asli Tasikmalaya. Sale pisang ini memiliki cita rasa khas tersendiri, harum pisangnya, nikmat rasanya. Sale pisang ini di produksi oleh sebagian warga ancol Tasikamalaya. Resepnya yang turun temurun puluhan tahun sehingga memiliki cita rasa tersendiri.
Sale pisang adalah panganan dari bahan dasar pisang yang di iris tipis-tipis kemudian di jemur dan di goreng kering. Panganan ini gurih-gurih manis sangat cocok untuk segala acara keluarga dan kantoran. Sale pisang ini memiliki aroma yang khas tersendiri.

Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya.

13. Martabak Ramayana

Martabak ramayana tasikmalaya

Tasikmalaya memang kota kuliner, semua makanan di kota saya ini enak-enak dan harganya pun masih terjangkau di kantong. Selain terkenal dengan bakso dan nasi tutug oncomnya, ada satu tempat makan yang tidak pernah sepi pembeli menjelang sore sampai malam, yaitu Martabak Ramayana.

Martabak Ramayana ini cabangya udah banyak, salah satunya di dekat toko mamah saya di Ruko Perum Mahkota Jaya, Jl. Tamansari, Tasikmalaya. Pusatnya sendiri ada di Jl. Tentara Pelajar, Tasikmalaya. 

Martabak favorit di sini adalah martabak manis isi kacang, keju, atau cokelat. Bila teman-teman menyukai martabak asin, boleh dicoba martabak asin super daging sapi. Porsi martabak di Martabak Ramayana yang berdiri pada 1993 ini, bisa dinikmati 3 hingga 4 orang. 

14. Kalua Jeruk

Kalua khas tasikmalaya

Kalua adalah salah satu cemilan yang yang berasal dari jawa barat. Jika teman-teman berkunjung ke daerah Tasikmalaya, sempatkan sejenak untuk membeli panganan manis ini. Panganan ini merupakan salah satu camilan khas Tasikmalaya yang bisa teman-teman beli ketika berkunjung ke kota Tasikmalaya sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari kota Tasikmalaya yang terkenal dengan camilan lezatnya. Camilan ini bisa teman-teman dapatkan di toko oleh-oleh khas Tasikmalaya. 

Selain terkenal dengan oleh-oleh panganan khasnya, kota Tasikmalaya juga terkenal dengan kerajinan payung geulis dan kelom geulis yang sentra kerajinannya terdapat di daerah panyingkiran. Semoga informasi mengenai camilan dan makanan oleh-oleh khas Tasikmalaya ini dapat menjadi referensi teman-teman saat akan membeli oleh-oleh khas Tasikmalaya.

Lihat Juga :
Camilan Langka Khas Tasikmalaya
Daftar Tempat Kuliner Khas Tasikmalaya
Profil Kota Tasikmalaya

0 Response to "13+ Camilan dan Makanan Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya"

Posting Komentar