Daftar Tempat Kuliner Khas Kota Tasikmalaya

Tempat Kuliner Khas Kota Tasikmalaya

Menikmati sajian kuliner di daerah yang kita kunjungi merupakan syarat wajib yang harus kita coba agar perjalanan yang kita lakukan berkesan. Setiap daerah pada dasarnya mempunyai menu kuliner yang berbeda-beda, tergantung dari bahan pokok yang sering dikonsumsi di daerah tersebut. Pada tulisan ini saya akan berbagi daftar tempat kuliner khas kota Tasikmalaya yang bisa teman-teman coba saat kebelulan berkunjung ke kota Tasikmalaya, berikut ini daftarnya :

1. Pecel Oranye Tasikmalaya

Pecel oranye tasikmalaya

Warung pecel ini berdiri sejak 1923, didirikan dan dikelola oleh Ibu Sopinah, orangtua dari Ibu Dedi yang berjualan sekarang. Warung ini menyediakan menu pecel, gado-gado, dan rujak cuka. Pertama berdiri bernama Pecel Orange pada masa pendudukan Belanda dan sempat berganti nama menjadi Pecel Asia saat Jepang memasuki Tasikmalaya. Setelah Jepang hengkang, namanya diubah kembali menjadi Pecel Oranye. Cita rasa bumbu pecelnya manis, asam, dengan sedikit asin, disiramkan di atas sayuran, sangat segar di lidah.

Pecel Oranye berada di Jalan Empang, Tasikmalaya. Posisinya pas di belokan ke arah kiri dari Jalan Pemuda. Meskipun tidak se-terkenal Pecel Kalektoran saat ini, Pecel Oranye masih memiliki penggemar tersendiri. Terbukti dari banyaknya pelanggan yang berdatangan. Apalagi ternyata Pecel Oranye ini juga menerima penjualan bumbu pecel keringnya. 

Dalam perjalanan usahanya, Pecel Oranye sempat menyajikan ragam menu masakan khas Thailand. Pada akhirnya, Pecel Oranye kembali mengkhususkan pada penyajian pecel dan gado-gado saja karena memang menu inilah yang lebih banyak dicari pelanggannya. Untuk memenuhi permintaan pelanggan setianya yang terkadang datang dari luar kota, Pecel Oranye menyediakan penjualan bumbu pecel keringnya. Pelanggan tinggal menyediakan sayuran rebusnya sendiri, seduh bumbunya, dan Pecel Oranye buatan sendiri sudah siap disantap. Panganan berat ini bisa teman-teman coba saat berkunjung ke kota Tasikmalaya.

2. Kupat Tahu Kabita

Kupat tahu kabita tasikmalaya

Kupat tahu merupakan salah satu makanan berat yang biasa disantap sebagai pengganti nasi. Kupat tahu biasanya terdiri dari campuran kupat yang dipotong dadu, tahu goreng, tauge, bawang daun, serta siraman bumbu kacang kental dan kecap manis. Tidak lupa tambahan kerupuk sebagai pelengkap santapan lezat yang satu ini.

Kupat Tahu Kabita adalah salah satu tempat makan favorit kupat tahu yang telah berdiri sejak 80-an. Ciri khas kupat tahu ini, tahunya kering dengan bumbu yang lembut di lidah. Pelanggan bisa memesan tahu tersebut digoreng setengah matang, matang, kering, atau kering sekali sampai kriuk. Panganan berat ini bisa teman-teman coba saat berkunjung ke kota Tasikmalaya.

3. Bubur Ayam Biasa Malam Tasikmalaya

Bubur ayam biasa malam tasikmalaya

Indonesia merupakan negara dimana masyarakatnya gemar menyantap bubur. Dari anak kecil sampai orang dewasa semuanya menyukai makanan berat teman sarapan yang satu ini. Bubur sendiri mempunyai beragam jenis, mulai dari bubur ayam sampai bubur kacang. Bubur sendiri merupakan sebutan untuk makanan halus yang mudah disantap. 

Jika teman-teman kebetulan mampir ke kota Tasikmalaya, ada banyak tempat yang menyediakan makanan yang pada awalnya diberikan pada orang yang sedang memulihkan kesehatan ini. Salah satu tempat bubur ayam yang terkenal di kota Tasikmalaya adalah Bubur Ayam Biasa Malam yang terletak diperempatan Gunung Sabeulah. Jam buka warung bubur di Kota Tasik bisa hingga 24 jam setiap hari. Bubur Biasa malam biasanya buka di malam hari, sesuai dengan namanya. Karena siang harinya digunakan toko.

4. Nasi Goreng Jaka Tasikmalaya

Nasi goreng jaka tasikmalaya

Nasi goreng merupkan panganan berat lainnya yang biasanya disantap ketika sarapan maupun makan malam. Nasi goreng biasanya terdiri dari campuran nasi, telur, irisan ayam, dan irisan sayur yang dipadukan dengan berbagai bumbu rempah. Jika teman-teman merupakan pecinta kuliner nasi goreng, maka teman-teman belum disebut fanatik kalau belum mencoba nasi goreng di Kota Tasikmalaya ini. 

Ada keunikan yang membuat nasi goreng ini menjadi buah bibir di Kota Resik. Disukai bayak orang, karena cara menggorengnya menggunakan arang yang dibakar di bawah wajan! Keunikan lainnya, wajan logam tersebut adalah peninggalan Alm. Jaka yang mendirikan warung pada 1946. Wajan masih terpelihara dengan baik dan masih berfungsi dengan baik. Wajan berwarna hitam tersebut, salah satu telinga atau pegangannya tidak terasa panas meski telah dibakar nyala arang berjam-jam.

5. Martabak Ramayana Tasikmalaya


Martabak ramayana tasik

Tasikmalaya memang kota kuliner, semua makanan di kota saya ini enak-enak dan harganya pun masih terjangkau di kantong. Selain terkenal dengan bakso dan nasi tutug oncomnya, ada satu tempat makan yang tidak pernah sepi pembeli menjelang sore sampai malam, yaitu Martabak Ramayana.

Martabak Ramayana ini cabangya udah banyak, salah satunya di dekat toko mamah saya di Ruko Perum Mahkota Jaya, Jl. Tamansari, Tasikmalaya. Pusatnya sendiri ada di Jl. Tentara Pelajar, Tasikmalaya. 
Martabak favorit di sini adalah martabak manis isi kacang, keju, atau cokelat. Bila teman-teman menyukai martabak asin, boleh dicoba martabak asin super daging sapi. Porsi martabak di Martabak Ramayana yang berdiri pada 1993 ini, bisa dinikmati 3 hingga 4 orang. 

Semoga ulasan tentang daftar tempat kuliner khas dari kota Tasikmalaya ini dapat menjadi referensi kuliner jika teman-teman berkunjung ke kota Tasikmalaya.

Lihat Juga :

0 Response to "Daftar Tempat Kuliner Khas Kota Tasikmalaya"

Posting Komentar